Senin, 03 Januari 2011

Relakah Robot-Robot Ini Bakal Menggantikan Profesi Anda di Masa Mendatang

Kita tidak bisa membayangkan seperti apa jadinya bila pekerjaan kita, profesi kita suatu hari nanti disingkirkan oleh robot-robot bikinan manusia yang sudah terprogram ini, mungkin bisa jadi bagi boss, tidak perlu terlalu pusing lagi menghadapi karyawan atau staf mereka yang membangkang dan selalu mempertanyakan bila diperintah, karena sudah pasti robot-robot ini bakal nurut saja apa kata tuan yang memerintahkannya.

Sebuah robot yang memimpin suatu orkestra, manusia dipimpin robot?
Wah kesebelasanpun bisa jadi nanti terdiri dari robot-robot
Namun apa jadinya bila sistem otomatisasi dan mekanisasi digital ini diberlakukan di negara yang jumlah penduduknya besar dan jumlah angka pengangguran besar serta penyerapan lapangan pekerjaan sangat minim seperti di Indonesia, India juga Cina?
Pelayan dan koki yang masak pun bisa digantikan robot
Suka-tidak suka pengembangan teknologi robot saat ini lumayan berkembang dengan pesat, dan sepertinya apapun alasan kita, di masa mendatang kitapun harus siap berkompetisi dengan robot-robot ini dalam bekerja dan menjalani profesi kita, wah jadi ingat film Robocop aja nih, persaingan antar robot. Namun bagaimanapun juga manusia memiliki banyak keunggulan yang masih susah untuk digantikan oleh robot sepintar apapun, yaitu perasaan, nalar dan emosi termasuk didalamnya cinta kasih. Walaupun para ahli mencoba mengembangkan ke arah sana saya yakin mereka tidak bisa 100 persen mengungguli manusia dalam hal tersebut.
Robot-robot masa depan yang bakal menggantikan pekerjaan kita 
Robot-robot masa depan yang bakal menggantikan pekerjaan kita, mulai dipikirkan robot yang memiliki emosi dan perasaan selayaknya manusia
Robot-robot masa depan yang bakal menggantikan pekerjaan kita 
Robot-robot masa depan yang bakal menggantikan pekerjaan kita, masih jomlo? pesen 1 aja buat bini, dijamin deh disuruh ngapain aja dan gaya apa aja mau
Robot-robot masa depan yang bakal menggantikan pekerjaan kita 
Robot-robot masa depan yang bakal menggantikan pekerjaan kita, bisa salah taksir nih nanti kalau enggak teliti benar
Robot-robot masa depan yang bakal menggantikan pekerjaan kita 
Robot-robot masa depan yang bakal menggantikan pekerjaan kita, semakin canggih pengembangan teknologi robot, lihat performanya sudah semakin luwes dan lentur
Robot-robot masa depan yang bakal menggantikan pekerjaan kita 
Robot-robot masa depan yang bakal menggantikan pekerjaan kita, waitress pun digantikan robot
sumber: http://ruanghati.com/2009/10/07/relakah-robot-robot-ini-bakal-menggantikan-profesi-anda-di-masa-mendatang/

Menciptakan Aplikasi Hitungan Uang

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara pembuatan aplikasi hitungan yang sangat sederhana yaitu aplikasi yang saya buat adalah APLIKASI MENGHITUNG SISA UANG MAKAN SEHARI-HARI. Saya menggunakan bahasa java dalam pemrograman aplikasi ini,,
langsung saya jelaskan cara pembuatan aplikasi ini dengan cara yang sangat simple dan sederhana,,,
gunakan netbeans untuk membuat aplikasi ini,,
Buka netbeans lalu buat project baru,,,
buat jfrom frame baru,,, beri nama duit_saya.. atau apa terserah anda..
lalu buat desain programnya,, seperti di bawah ini,,
setelah itu,,,, klik 2X pada tombol hitung dan masukan kode berikut:
package uangsaya;
import javax.swing.JOptionPane;
/**
*
* @author burhan
*/
public class duit_saya extends javax.swing.JFrame {
/** Creates new form duit_saya */
public duit_saya() {
initComponents();
}
/** This method is called from within the constructor to
* initialize the form.
* WARNING: Do NOT modify this code. The content of this method is
* always regenerated by the Form Editor.
*/
@SuppressWarnings(“unchecked”)
// <editor-fold defaultstate=”collapsed” desc=”Generated Code”>
private void initComponents() {
jLabel1 = new javax.swing.JLabel();
jLabel2 = new javax.swing.JLabel();
jLabel4 = new javax.swing.JLabel();
jTextField1 = new javax.swing.JTextField();
jTextField2 = new javax.swing.JTextField();
sasaa = new javax.swing.JTextField();
jButton1 = new javax.swing.JButton();
jButton2 = new javax.swing.JButton();
setDefaultCloseOperation(javax.swing.WindowConstants.EXIT_ON_CLOSE);
setTitle(“Sisa Uang jajan”);
setAlwaysOnTop(true);
setCursor(new java.awt.Cursor(java.awt.Cursor.DEFAULT_CURSOR));
setFont(new java.awt.Font(“Bitstream Charter”, 1, 14)); // NOI18N
setLocationByPlatform(true);
jLabel1.setText(“Pemasukan”);
jLabel2.setText(“Pengeluaran”);
jLabel4.setText(“Sisa Uang”);
jTextField2.setAutoscrolls(true);
jTextField2.setDoubleBuffered(true);
jTextField2.setDragEnabled(true);
jTextField2.setFocusCycleRoot(true);
jTextField2.setFocusTraversalPolicyProvider(true);
jTextField2.setInheritsPopupMenu(true);
jButton1.setText(“Hitung”);
jButton1.addActionListener(new java.awt.event.ActionListener() {
public void actionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
jButton1ActionPerformed(evt);
}
});
jButton2.setText(“Batal”);
jButton2.addActionListener(new java.awt.event.ActionListener() {
public void actionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
jButton2ActionPerformed(evt);
}
});
javax.swing.GroupLayout layout = new javax.swing.GroupLayout(getContentPane());
getContentPane().setLayout(layout);
layout.setHorizontalGroup(
layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGroup(layout.createSequentialGroup()
.addContainerGap()
.addGroup(layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGroup(layout.createSequentialGroup()
.addGroup(layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGroup(layout.createSequentialGroup()
.addGroup(layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING, false)
.addComponent(jLabel2, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, Short.MAX_VALUE)
.addComponent(jLabel1, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, 97, Short.MAX_VALUE))
.addGap(35, 35, 35))
.addGroup(layout.createSequentialGroup()
.addComponent(jLabel4, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, 82, Short.MAX_VALUE)
.addGap(51, 51, 51)))
.addGroup(layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addComponent(sasaa, javax.swing.GroupLayout.Alignment.TRAILING, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, 234, Short.MAX_VALUE)
.addComponent(jTextField2, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, 234, Short.MAX_VALUE)
.addComponent(jTextField1, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, 234, Short.MAX_VALUE)))
.addGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.TRAILING, layout.createSequentialGroup()
.addComponent(jButton2, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, 78, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE)
.addPreferredGap(javax.swing.LayoutStyle.ComponentPlacement.RELATED)
.addComponent(jButton1)))
.addContainerGap())
);
layout.setVerticalGroup(
layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGroup(layout.createSequentialGroup()
.addContainerGap()
.addGroup(layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.BASELINE)
.addComponent(jLabel1)
.addComponent(jTextField1, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE))
.addPreferredGap(javax.swing.LayoutStyle.ComponentPlacement.RELATED)
.addGroup(layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.BASELINE)
.addComponent(jLabel2)
.addComponent(jTextField2))
.addPreferredGap(javax.swing.LayoutStyle.ComponentPlacement.RELATED)
.addGroup(layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.BASELINE)
.addComponent(jLabel4)
.addComponent(sasaa, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE))
.addPreferredGap(javax.swing.LayoutStyle.ComponentPlacement.UNRELATED)
.addGroup(layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.BASELINE)
.addComponent(jButton1)
.addComponent(jButton2))
.addContainerGap(javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, Short.MAX_VALUE))
);
getAccessibleContext().setAccessibleName(“Sisa Uang Makan”);
java.awt.Dimension screenSize = java.awt.Toolkit.getDefaultToolkit().getScreenSize();
setBounds((screenSize.width-393)/2, (screenSize.height-213)/2, 393, 213);
}// </editor-fold>
private void jButton1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
int pemasukan= Integer.parseInt(jTextField1.getText());
int pengeluaran=Integer.parseInt(jTextField2.getText());
int sisa=pemasukan-pengeluaran;
String a=String.valueOf(sisa);
sasaa.setText(a);
}
private void jButton2ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
// TODO add your handling code here:
int keluar;
keluar=JOptionPane.showConfirmDialog(null, “Anda yakin mau keluar dari area ini”,”warning”,JOptionPane.YES_NO_OPTION);
if (keluar==JOptionPane.YES_OPTION){
System.exit(0);
}
else
{
return;}
}
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String args[]) {
java.awt.EventQueue.invokeLater(new Runnable() {
public void run() {
new duit_saya().setVisible(true);
}
});
}
// Variables declaration – do not modify
private javax.swing.JButton jButton1;
private javax.swing.JButton jButton2;
private javax.swing.JLabel jLabel1;
private javax.swing.JLabel jLabel2;
private javax.swing.JLabel jLabel4;
private javax.swing.JTextField jTextField1;
private javax.swing.JTextField jTextField2;
private javax.swing.JTextField sasaa;
// End of variables declaration
}
kode terse4but sudah termasuk event dari tombol Batal..
seperti ini tampilan saat membuat source untuk event aplikasi
jika semua sudah selesai,, lalu RUN dan lihat hasilnya,,,
jika anda berhasil maka akan tampil sebuah aplikasi seperti ini;
maka kita tinggal memasukan data-data yang kita perlukan dan kita bisa dengan mudah menghitung sisa pengeluaran uang jajan kita,,
Jika teman-teman masih adaang belum faham, silahka komentari artikel saya ini, semoga bermanfaat :D   :D   :D

Langkah mudah membuat Ubuntu Lucid menjadi seperti Windows 7

Langkah mudah membuat Ubuntu Lucid menjadi seperti Windows 7


Memiliki sistem operasi Ubuntu yang memiliki banyak tampilan yang indah & keren memang sangat menyenangkan. Apalagi bila kita memodifikasinya satu per satu bagian desktop sesuai keinginan, misalnya untuk iconnya pakai Faenza, tema memakai Ambiance & wallpapernya custom. Akan dihasilkan tampilan desktop yang berbeda dengan pengguna yang lain sehingga kita bisa membanggakan tampilan Ubuntu kita hehhe.
Sebelumnya saya membahas postingan ini ditujukan kepada pengguna yang tidak membenci sistem operasi dari Microsoft yaitu Windows dengan produk barunya yaitu Windows 7. Bagi teman-teman yang termasuk ke dalam jajaran pembenci Windows ini saya harap tidak usak mengikuti tulisan ini karena hanya akan menambah perasaan kebencian yang tiada gunanya.
Pada postingan kali ini saya akam membahas tentang memasang tema Win 2.7 Pack seri terbaru ke dalam Ubuntu Lucid. Seperti yang kita tahu bahwa tema Win 2.7 Pack ini adalah tema yang bisa membuat tampilan Ubuntu anda mirip atau bahkan persis dengan tampilannya Windows 7. Saya akui memang tampilan Windows 7 ini juga sangat manis & keren, oleh karena itu tak salah bila kita membuat salinannya ke Ubuntu kita tanpa membeli produknya ;) .
Untuk memasang tema ini sangat mudah karena di dalam tema tersebut tersedia script untuk menjalankan installasi via GUI secara otomatis. Adapun tema Win 2.7 pack ini bisa di unduh di http://gnome-look.org/content/show.php/Win2-7+Pack?content=113264&PHPSESSID=bbecb6eef9f08472b46e0bc33d7920bd , jangan lupa untuk mengekstrak filenya nanti. Setelah itu tinggal anda masuk ke dalam foldernya  klik 2 kali pada GUIInstall.sh lalu run in terminal. Proses akan berlanjut setelah itu mulai dari pengaturan model temanya, model startmenunya hingga prosesnya nanti selesai & dilanjutkan dengan log out. Saya akui prosesnya memang agak panjang & kompleks, tetapi nanti hasilnya juga memuaskan kok. Sengaja saya tidak memuat langkah-langkah pemasangan temanya karena selain panjang & saya ambil screenshotnya sekitar 17an gambar sehingga sangat merepotkan untuk di upload ;) . Selain itu proses penginstallannya ini juga mudah dipahami oleh pengguna pemula sekalipun karena itu tadi tampilan GUInya sehingga saya memutuskan untuk tidak memuat satu per satu langkah installnya.

Demikianlah review singkat tentang pemasangan Win 2.7 Pack untuk Ubuntu, semoga dapat memuaskan dahaga akan kegilaan akan tampilan kendati memakai tampilan sistem operasi Windows. Selamat mencoba yah teman-teman ;)
Hehe semoga bermanfat ya,, salam semangat mahasiswa.

Install Widget/Screenlets di Ubuntu

Install Widget/Screenlets di Ubuntu


Widget adalah aplikasi ringan yang membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Misalkan widgetnya yaitu berupa jam, tanggal, cuaca dsb. Bagi anda yang belum paham tentang widget ini anda bisa lihat di Windows Vista. Widget Windows Vista terletak di desktop sebelah kanan, sudah paham kan?? . Lalu widget ini apakah hanya ada di Windows Vista saja?? . Tidakkah ada widget yang diciptakan untuk Linux khususnya Ubuntu. Mari kita selidiki bersama :D .
Pada distro Linux khususnya Ubuntu, tim developernya tentu saja telah menyediakan aplikasi penyedia widget di Ubuntu. Salah satu aplikasi widget tersebut yaitu Screenlets, aplikasi yang simple tetapi sangat hebat. Ada lagi aplikasi widget lain yaitu Super Keramba, namun widget ini tersedia pada Kubuntu. Karena kali ini saya membahas tentang Ubuntu, mari kita praktekan segera :
1. Untuk menginstall Screenlets, kita buka Terminal (bukan tempat pemberhentian bis). Lalu ketik
sudo apt-get install screenlets
Kemudian Enter, isi Password anda lalu Enter lagi. Proses installasi Screenlets berjalan sendiri, tahu-tahu selesai deh :D
2. Setelah proses installasi selesai, klik Aplikasi>Aksesoris>Screenlets untuk membuka aplikasi widget ini.

3. Terbuka jendela Screenlets Manager, mudah kok caranya. Misalnya kita akan memunculkan widget Sysmonitor untuk memonitor kinerja PC kita, maka kita klik saja Sysmonitor. Lalu pada Option kita klik Lock, Sticky & Keep Below lalu OK. Maksudnya klik Lock yaitu agar widget kita nanti terkunci pada desktop, untuk memindahkan widget yang terkunci tekan Alt+Drag Mouse. Sticky yaitu membuat widget kita terlihat di seluruh meja/desk, kalau Below yakni membuat widget kita posisinya selalu di bawah & tidak mengganggu jendela aplikasi yang sedang kita gunakan.

4. Setelah selesai lalu klik Auto Start on Login agar selalu muncul widget clock tersebut setiap kali kita menyalakan PC serta Start/Stop untuk segera mengaktifkannya di desktop. Adapun Show Daemon in tray maksudnya adalah membuat applet Screenlets di panel atas sehingga kita dengan cepat bisa mengaturnya.

5. Langkah-langkah di atas juga berlaku bila kita menambah widget lagi. Bila widget yang kita cari tidak ada, pada Screenlets Manager klik saja Get More Screenlets atau ke gnome-look.org.
6. Untuk menginstall widget yang baru akan saya jelaskan pada postingan selanjutnya
Selamat Mencoba dan semoga berhasil hehehe:D Laper!!
sumber:http://yogieza.wordpress.com/2010/01/10/install-widgetscreenlets-di-ubuntu/

Cara menggunakan crossover linux pro 7. 1. 0 untuk menjalankan program windows di linux.

CrossOver adalah program yang dikembangkan untuk Linux dan sistem operasi Mac yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan program berbasis Windows di Mac OS X, Linux, dan Solaris. Tutorial ini akan menunjukkan cara untuk menjalankan program Windows di Ubuntu 8. 10 menggunakan CrossOver Linux Pro.
1. Pertama, instal CrossOver Linux Pro 7. 1. 0. CrossOver bukan program gratis, jadi Anda perlu membeli versi retail untuk menggunakan program ini. Jika Anda tidak ingin membeli program penuh, Anda dapat men-download versi percobaan dari situs web CodeWeavers di www. CodeWeavers. com. Anda perlu men-download paket CrossOver Pro untuk Debian dan sistem operasi Ubuntu.
2. Setelah men-download paket instalasi, Anda perlu menginstalnya tentu saja. Namun, GDebi Paket installer dapat memberikan kesalahan, sehingga Anda akan harus menginstal program sistem anda menggunakan terminal.
Anda dapat membuka terminal dengan mengklik tombol Aplikasi terletak di bagian atas jendela Anda. Setelah itu, pilih Accessories dan kemudian Terminal di menu dropdown yang muncul.
3. Setelah Anda membuka terminal, Anda akan perlu membuka direktori tempat Anda menyimpan CrossOver Pro. Ini bisa dicapai dengan memasukkan perintah berikut:
cd / home / Falko / Desktop /
Anda kemudian dapat menginstal paket dengan memasukkan perintah berikut:
sudo dpkg-i-pro_7 crossover. 1. 0-1_i386. wanita yg baru membuat debutnya
4. Setelah Anda menginstal CrossOver Pro, Anda dapat mulai menginstal program Windows. Hal ini dapat dilakukan dengan mengklik tombol Aplikasi yang terletak di bagian atas jendela. Setelah itu, Anda akan perlu memilih CrossOver dan kemudian Instal Windows Software pada menu dropdown yang muncul. Instalasi ini akan meluncurkan Wizard CrossOver.
5. Lengkapi Wizard Instalasi. Anda dapat memilih dari daftar dukungan untuk menginstal aplikasi. Anda juga dapat memilih untuk menginstal aplikasi yang tidak didukung jika Anda program Windows tidak terdaftar. Anda akan membutuhkan disk yang berisi file instalasi (CD, DVD, drive removable). Pastikan Anda memiliki file instalasi siap karena wizard akan meminta itu selama proses instalasi.
6. Setelah memilih sebuah program, pilih Express Instal atau Lanjutan Instal. Setelah memilih pilihan, yang harus Anda lakukan adalah pergi melalui wizard. Ikuti instruksi langkah-demi-langkah dan klik Selesai setelah Anda selesai proses.
7. Anda harus menemukan Anda program Windows di bawah menu Aplikasi. Cukup Aplikasi yang terbuka, Aplikasi Windows, kemudian pilih program yang ingin Anda buka.
sumber:http://www.searchgrid.org/index.php?lang=id&cat=3f6&month=2010-04&id=26348

Minggu, 02 Januari 2011

Resume Kuliah Umum Keterampilan Interpersonal




Berikut Tips singkat menulis opini dengan baik dan benar


- Berikan data yang sedikit menjual.

- Buatlah kerangka tulisan terlebih dahulu.

- Buatlah judul yang mempunyai arti positif.

- Masukan kutipan singkat dari tokoh yang menuliskan hal serupa di media beberapa hari sebelumnya.

- Sertakan data sederhana sebagai pendukung.

- Kenali gaya bahasa atau tulisan khas dari media yang kita akan tuju.

 

a. Aspek yang perlu diperhatikan :

 
- Kalimat baku maksimal 15 kata per kalimat.

- Gunakan rumus kalimat sederhana Subyek-Predikat-Objek-Keterangan.

- Paragraf sederhana.

- Gunakan struktur tulisan

  1. Problem-Solusi  
  2. Sebab-Akibat


b. Hindari Istilah Asing :

- Gunakan istilah yang populer.

- Jangan bersembunyi di balik istilah asing, bertujuan menutupi kekurangan diri.

c. Spesifik dan Konkrit


d. Rinci dan Relevan :


- Hindari angka-angka rumit

- Rinci dan Detail

- Bahasa tetap dipahami

Berikut adalah tips bagaimana menulis artikel yang menarik:

· Ketika Anda duduk dan siap menulis, ada seseorang yang sangat penting dalam hidup anda, namun Anda tidak akan pernah menjumpainya, disebut sebagai 'Pembaca' Pastikan anda membaca banyak artikel atau buku berkaitan mengenai topik/bidang yang akan anda tulis.


· Awali artikel dengan judul yang menarik untuk mereka terus membaca.


Judul seperti apa yang menarik untuk dibaca? Anda bisa menggunakan judul seperti:


-Langkah menulis artikel yang menarik!

-Tips dahsyat membuat website atau judul yang menjual!
dll.


To The Point – tidak bertele tele. Anda bisa membuat pokok pokok dari artikel terlebih dahulu sehingga memastikan anda tidak melenceng dari topik.
Hindari kata yang panjang dan tidak masuk akal.

· Ingat selalu kapan kita tidak perlu merangkai kalimat puitis dan menirukan tatanan bahasa alkitab. Ingat, orang akan lebih merespon sesuatu yang dekat dengan mereka. Masyarakat Indonesia akan lebih merespon dampak krisis ekonomi terhadap gejolak politik lokal, ketimbang pemilihan perdana menteri Australia.

· Berikan kesimpulan dari artikel anda

Karang sebuah artikel box yang bagus.

Setelah selesai menulis artikel, maka berikan sedikit uraian atau profil tentang diri anda . Pastikan mereka mencari tahu lebih jauh kelanjutan dari artikel yang anda tulis dengan cara mengunjungi website anda.

Begitulah tips menulis artikel yang baik yang bisa saya ambil dari sumber pemateri mata kuliah umum.

Tips Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah

Berikut ini adalah beberapa tips untuk para peneliti dan akademisi yang ingin
menulis artikel ilmiah dan mempublikasikan karyanya di jurnal ilmiah yang terakreditasi, baik nasional maupun internasional:

1. Cobalah untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai jurnal incaran Anda dan tim editornya.

2. Berikan alasan Anda mengirimkan artikel pada surat pengantar naskah.

3. Tulislah artikel dengan teknik penulisan yang baik. Perhatikan ejaan, tata baha dasan tanda-tanda baca.

4. Cantumkan referensi yang cukup, mutakhir; setidaknya yang terbit 3-5 tahun belakangan, komprehensif dan benar.

5. Pahami “Instructions for Authors” .


Kesalahan Fatal Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah



Dalam
menulis artikel ilmiah, hindari kesalahan-kesalahan fatal yang akan mempengaruhi integritas Anda sebagai peneliti dan akademisi, misalnya:

1. Memanipulasi data.

2. Menduplikasi manuskrip .

3. Publikasi berlebihan, misalnya dengan menggunakan data yang telah dipublikasi oleh jurnal lain atau dalam website.

4. Melakukan plagiat / penjiplakan.

5. Konflik kepentingan dari penulis.











Resume Keseluruhan Film Gung Ho dalam bentuk naratif



 Suatu cerita ada sebuah lingkungan atau daerah di amerika serikat dimana sebagian besar penduduknya adalah buruh dan pada saat itu sedang tidak ada yang memekerjakan mereka alias pengangguran. Mereka berharap suatu hari nanti ada yang memekerjakan mereka dan bisa berpenghasilan lagi. Tak lama setelah itu muncul berita bahwa akan ada pembukaan cabang assan mobil dari jepang  yang akan membuka pabriknya di wilayah tersebut. Sontak kabar baik tersebut menyebar ke seluruh daerah tersebut.Tak terkecuali Hunt Stevenson, seseorang yang memiliki pengaruh besar di daerah tersebut. Sosok hunt stevenson adalah sosok yang sangat dihormati dan disegani di daerah tersebut. Dia adalah pemimpin dan aktivis kaum serikat buruh di daerah tersebut. Tak pelak kabar tersebut sangat menggembirakan tidak hanya bagi dia tapi juga masyarakat sekitar yang mayoritas adalah buruh. Harapan untuk kerja dan mendapat penghasilan telah ada di depan mata dan mereka tidak mau melewatkan kesempatan tersebut.
    Akhirnya tak lama setelah kabar tersebut berhembus ,perwakilan dari assan mobil pun tiba di daerah tersebut. Mereka itulah yang nantinya akan memimpin pabrik assan mobil selama buka cabang di daerah tersebut. Seluruh perwakilan tersebut berasal dari jepang. Walikota pun turut menyambut sang dewa penyelamat tersebut. Mereka beranggapan bahwa mereka adalah dewa/malaikat yang dikirimkan tuhan untuk mengatasi krisis pengangguran yang terjadi di daerah tersebut.
     Sebelum memekerjakan para buruh, pihak assan mobil melakukan perundingan dahulu kepada si ketua serikat buruh yakni Hunt Stevenson untuk beberapa kesepakatan dalam hal ini adalah kesepakatan upah minimum kerja para buruh. Pihak assan menawarkan upah harian buruh sekitar 6-7 USD. Dan akan diberi kenaikan gaji sekitar 8-9 USD jika hasil kerja memuaskan. Dan Mr. Hunt pun menyetujuinya. Hunt stevenson kemudian menyampaikan kesepakatan ini kepada para buruh dalam forum serikat buruh. Kebanyakan dari mereka menolak karena dianggap terlalu sedikit upahnya. Tapi Mr. Hunt coba menjelaskan bahwa mereka (buruh) akan mendapatkan kenaikan gaji jika hasil kerjanya memuaskan. Akhirnya para buruh pun setuju dan mereka bisa memulai bekerja esok harinya.
Hari pertama bekerja, sudah banyak ulah yang dibuat oleh para buruh. Contoh : telat datang ke pabrik, tidak mematuhi peraturan pabrik dll. Hal ini sangat mengecewakan pihak pabrik dan dalam hal ini pabrik menyalahkan Mr. Hunt dimana para buruh mereka tidak seperti yang mereka harapkan. Lain hal dengan buruh jepang yang selalu datang lebih awal dan pulang paling akhir. Hal ini berbeda kontras dengan buruh amerika. Dan Mr. Hunt pun berjanji hal tersebut tidak akan terulang lagi.
     Suatu hari muncul sebuah permasalahan dimana para buruh protes terhadap upah yang mereka terima. Mereka menganggap upah yang diberikan terlalu kecil dan mereka menginginkan kenaikan gaji. Hal ini pun langsung disampaikan ke Mr. Hunt. Melihat keluhan yang datang mr. Hunt pun langsung menego pihak pabrik mengenai masalah kenaikan gaji para buruh. Namun, sesuai dugaan pihak pabrik tidak mau memberikan kenaikan gaji karena mereka menganggap kinerja buruh amerika tidak sebagus buruh yang ada di jepang. Mr. Hunt sebagai wakil aspirasi dari para buruh pun berjuang untuk terwujudnya kenaikan gaji para buruh. Akhirnya, terjadilah kesepakatan antara Mr. Hunt dan pihak pabrik, pihak pabrik menyanggupi kenaikan gaji para buruh asalkan mereka bisa menghasilkan 15.000 unit mobil/bulan. Mr.hunt pun awalnya ragu apakah bisa para buruh mengasilkan 15rb mobil/bulan. Tapi akhirnya Mr. Hunt pun mengiyakan tawaran tersebut dan kemudian ia menyampaikanya dalam forum serikat buruh pada malam harinya. Ia menjelaskan bahwa kenaikan gaji akan terwujud bila kita bisa membuat 15rb mobil/bulan. Sontak para buruh pun terdiam mendengar tawaran dari mr. Hunt. Akhirnya terjadilah tawar menawar antara buruh dan mr. Hunt. Para buruh hanya bisa menyanggupi produksi 13rb unit mobil/bulan dan bodohnya mr. Hunt pun setuju dengan penawaran dari buruh itu. Padahal kesepakatan awal dengan pihak pabrik adalah 15rb mobil/bulan. Dan akhirnya mereka pun kembali bekerja dengan semangat, mereka ingin secepatnya mendapatkan kenaikan gaji dan segera menyelesaikan target 13rb unit mobil/bulan. Hari demi hari berlalu,akhirnya target 13rb mobil/bulan terpenuhi. Mereka pun senang bisa menyelesaikanya tapi tidak untuk mr. Hunt. Ia tahu bahwa 13rb mobil/bulan tidak akan ada kenaikan gaji. Ketika para buruh menyerahkan hasil produksinya kepada pihak pabrik, mereka langsung menuntut agar diberikan kenaikan gaji karena mereka sudah memenuhi apa yang pihak pabrik minta. Hal itu pun membuat pihak pabrik kaget, kesepakatan yang mereka buat dengan mr. Hunt adalah 15rb unit mobil/bulan bukan 13rb/bulan. Sontak para buruh pun kecewa dengan penjelasan pihak pabrik dan mereka langsung menanyakan hal tersebut kepada mr.hunt. dan ternyata benar, kesepakatan yang terjalin adalah 15rb mobil/bulan bukan 13rb unit. Kemudian Hal tersebut mereka bicarakan dalam forum serikat buruh. Mr.hunt pun mengaku kalau ia berbohong. Kesepakatan yang benar adalah akan ada kenaikan gaji jika para buruh bisa menyanggupi untuk memproduksi 15rb unit mobil/bulan. Mereka pun kecewa mendengar pengakuan dari mr.hunt tsb. Dan mereka pun seolah kecewa dan tidak mempercayai mr. Hunt lagi. Mr. Hunt pun tidak bisa berbuat apa-apa. Ia hanya menyalahkan dirinya sendiri kenapa dari awal ia tidak jujur tentang kesepakatan yang ia buat dengan pihak pabrik. Satu-demi satu para buruh akhinya mengundurkan diri dari pabrik. Hal itu membuat pabrik assan tersebut tidak bisa beroperasi lagi dan akhirnya pabrik itu pun ditutup. Hilanglah sudah mata pencaharian para buruh. Mereka pun akhinya menjadi pengangguran lagi. Hal ini sangat membuat mr. Hunt tidak enak hati karena penyebab itu semua adalah dirinya tidak jujur dari awal masalah kesepakatan yang terjadi. Di suatu jalan, ia bertemu dengan salah seorang petinggi pabrik bernama mr. Yoshi. Mr. Yoshi berdandan layaknya orang sters dan mau bunuh diri karena ia gagal memimpin pabrik dan karyawanya sehingga mengakibatkan pabrik tsb. pun tutup. Mr. Hunt pun coba menenangkan mr.yoshi dan menjelaskan bahwa kesalahan tersebut murni bukan kesalahanya saja tapi ia juga salah. Dan akhirnya mereka berdua pun sadar bahwa masih ada kesempatan untuk memperbaiki ini semua. Mereka pun bertekat akan meneruskan kekurangan atau sisa mobil agar bisa mencapai 15rb. Mereka pun mengawali untuk sebuah perubahan besar yang akan terjadi. Awalnya mereka bekerja hanya berdua saja. Namun lambat laun para buruh yang melihat kegigihan mr.hunt dan mr.yoshi pun tergugah hatinya untuk membantu mereka berdua menyelesaikan 15rb mobil. Mereka pun bahu-membahu lagi agar bisa tercapai target tersebut. Dan tak lama setelah itu, mr. Sato sang pemilik pabrik pun datang. Ia coba mengecek apakah produksi 15 rb unit mobil bisa terwujud. Dan setelah dicek,target yang sudah terkumpul masih kurang 6 mobil lagi. Hal ini lantas membuat mr.hunt dan mr.yoshi bingung. Mereka lupa bahwa di dalam pabrik masih ada sekitar 6 mobil yang belum selesai. Dan mereka pun segera membenahinya. Mr.sato pun kemudian mengecek mobil-mobil yang ada di dalam pabrik yang katanya kekurangan dari mobil yang sudah mr. Sato cek diluar. Sepintas, mobil yang ada di dalam tampak baru dan tidak ada kecacatan. Namun, ketika mr.hunt coba untuk menyakinkan mr. Sato bahwa mobil yang mereka produksi tidak ada masalah, mobil itupun ambruk dan lantas membuat mr.sato menahan tawanya. Ternyata mobil itu belum sepenuhnya jadi. Hal itu membuat seluruh awak yang bekerja menjadi kecewa dan mungkin mereka akan gagal memenuhi target awal. Namun suatu keajaiban pun terjadi, mr. Sato berkata kepada seluruh awak bahwa mereka semua berhasil memenuhi target 15rb unit mobil. Padahal kenyatannya masih kurang 6 unit. Para buruh dan karyawan pabrik lantas bergembira dan ikut merayakan hasil kerja keras mereka selama ini. Perjuangan yang mereka lakukan akhirnya tidak sia-sia dan mereka pun akhinya mendapat kenaikan gaji yang selama ini mereka sangat inginkan. FINISH